Jumat, 18 Juli 2008

dayak tempudulue


Sukubangsa mi berdiam di daerah bagian hilir Sungai Barito dan anak-anaknya seperti sungai Patai, Telang, Karau dan Dayau; mulai dan Propinsi Kalimantan Tengah sampai ke wilayah Propinsi Kalimantan Selatan. Di Kalimantan Selatan mereka berdiam dalam wilayah Kabupaten Barito Timur dan Kawedanan Barito Selatan. Jumlah penduduknya sekitar 50.000 jiwa.

Sukubangsa mi mungkin berasal dan pesisir Kalimantan. Mereka memang memiliki beberapa kebiasaan seperti orang Dayak Dusun, yaitu menyukai ikan yang diperam dalam guci sehingga lembek (pakasan), mempunyai adat melobangi daun telinga, suka mengadu ayam setiap upacara kematian, suami tinggal di rumah pihak istri (uksorikal), dan pandai membuat perahu. Mata pencaharian utamanya adalah bercocok tanam padi, ubi-ubian dan buah-buahan di ladang. Sebagian ada yang bekerja sebagai pengumpul hasil hutan selain berburu dan menangkap ikan serta berkebun dan menyadap karet. Perkampungan orang Maanyan suka berpindah-pindah karena pengaruh sistem perladangan berpindah. Tempat tinggal sementara yang berdekatan dengan ladangnya mereka sebut batang rawi. Kelompok rumah yang sudah lebih permanen mereka sebut tumpungan (dusun)
Gabungan dan beberapa tumpungan membentuk sebuah perkampungan yang mereka sebut tumpuk. Setiap tumpuk ditandai antara lain oleh adanya lewu parci (lumbung) sebagai pelengkap rumah-rumah mereka. Prinsip garis keturunannya ambilineal, dimana untuk sebagian orang garis keturunan dihitung dan pihak ayah, sedangkan yang lain menyertakan garis keturunan dan pihak ibu. Bentuk perkawinan idealnya adalah antara dua sepupu yang kakeknya bersaudara kandung, sedangkan sepupu yang ayahnya bersaudara kandung dianggap tabu.

1 komentar:

arif mengatakan...

barangkali info ini berguna untuk teman-temanku tkj: lihatlah di situs: YOU TUBE GPINKOM. Saya baru saja mengunjunginya. Terdapat banyak pelajaran tentang hardware berbahasa indonesia yang disampaikan melalui video. bagus sekali penyampaiannya, padat dan mudah dipahami siapa saja. berisi ilmu-ilmu penting tentang hardware komputer. banyak sekali materi yang belum pernah diajarkan di sekolah kita. downloadnya gratis lagi. semoga info ini bermanfaat untuk anda. mari berbagi info...